Follow : Like : RSS : Mobile :

Kolaborasi ADGI dan Extinction Rebellion Indonesia Hadirkan Instalasi Seni Bertema Krisis Iklim

Foto | Istimewa | Detakjakarta.com

Jakarta - Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) berkolaborasi dengan organisasi Extinction Rebellion Indonesia (XR), hadirkan sebuah gerakan global yang berdedikasi untuk darurat iklim dan ekologi melalui sebuah instalasi berjudul “Bilik Tilik, Kotak Otak; Thinking of The Box” pada ajang Bintaro Design District (BDD) 2023. Kolaborasi ini menghadirkan seni instalasi interaktif yang menggugah kesadaran tentang isu lingkungan yang kini menjadi sorotan dunia.

Instalasi yang merupakan bagian dari respon terhadap tema “Envisioning Nature” BDD 2023 ini dirancang untuk mempertanyakan dan merefleksikan hubungan manusia dengan dirinya sendiri dan alam. Melalui karya ini, ADGI dan XR Indonesia mengajak masyarakat untuk merenungkan dampak aksi kita terhadap lingkungan dan mendorong tindakan kolektif dan individual, serta dialog tentang masa depan bumi yang kita huni.

Dalam mewujudkan instalasi seni ini, ADGI mengajak 10 studio desain anggotanya untuk merancang poster dan simbol berbagai isu lingkungan hidup dan ekologi seperti perubahan iklim, polusi, dan sebagainya. Melalui poster-poster ini diharapkan pengunjung BDD 2023 dapat memahami masalah yang tengah dihadapi dan memikirkan solusi. Kesepuluh studio desain tersebut adalah 7per8, Another Design & Co, Akroma, Dassein Design Bureau, DEIO, Karyarupa, Nusae, Suka Studio, Satu Collective, dan Visious.

XR Indonesia juga membawa karya bilik dan kotak yang terbuat dari plastik daur ulang berkolaborasi dengan Norm:a:l Living, di mana publik dapat menyuarakan keresahan mereka dalam merespon isu yang ada di sekitar mereka melalui saset yang juga sebagai surat suara dan dimasukkan ke dalam kotak tersebut sebagai sarana berkesadaran dan bersuara.

Dengan menghadirkan karya yang imersif dan interaktif, instalasi seni ini memfasilitasi dialog yang lebih dalam tentang peran setiap individu dalam melawan perubahan iklim. Di saat yang sama, karya ini juga menjadi platform bagi ADGI untuk menunjukkan komitmen dalam mengadvokasi perubahan sosial melalui kekuatan desain grafis.

"Desain grafis adalah medium yang efektif untuk aktifitas propaganda. Kolaborasi ADGI dengan Extinction Rebellion Indonesia ini diharapkan bisa membawa pengaruh positif kepada masyarakat mengenai peran kekaryaan profesi desain grafis dalam membangun kehidupan yang lebih baik di masa depan dengan menyuarakan kesadaran akan lingkungan hidup melalui medium visual," ujar Ritchie Ned Hansel, Ketua Umum ADGI. "Kami percaya desain grafis memiliki kekuatan untuk membangun narasi yang dapat membentuk tindakan kolektif demi masa depan yang berkelanjutan."

Instalasi “Bilik Tilik, Kotak Otak” ini dapat dijumpai di Bintaro Design District 2023, Aviary Park, Jalan Permadani Utama, Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Banten hingga 18 November 2023.