Follow : Like : RSS : Mobile :

Mendag Zulhas Dorong Kolaborasi untuk Tingkatkan Industri Sawit Indonesia

Foto | Istimewa | Detakjakarta.com

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengingatkan perlunya kolaborasi berbagai pemangku kepentingan dalam upaya memajukan industri kelapa sawit Indonesia. Hal itu diucapkan Zulhas saat memberikan sambutannya secara daring dalam acara Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) 2023 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (2/11/2023).

Dalam sambutannya, Mendag Zulhas menegaskan pentingnya acara IPOC sebagai wadah bagi para pemangku kebijakan, mulai dari tingkat daerah, kota, hingga tingkat internasional, untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan berkolaborasi dalam upaya memajukan industri kelapa sawit Indonesia, yang merupakan tulang punggung pembangunan ekonomi, terutama di tengah ketidakpastian kondisi global saat ini.

"Saya sangat berharap agar posisi strategis industri kelapa sawit di Tanah Air dapat dipertahankan, berkelanjutan, serta memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, pembangunan perdesaan, dan kesejahteraan ribuan petani sawit di seluruh negeri," ungkap Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas juga menekankan pentingnya kerja sama antara pelaku usaha dalam sektor swasta, masyarakat sipil, aparat penegak hukum, dan pemerintah. Hal ini sangat diperlukan, terutama dalam mendukung pelaku usaha di industri kelapa sawit dalam menghadapi tantangan dan serangan yang datang dari negara-negara yang mencoba menggolongkan industri kelapa sawit Indonesia.

"Salah satu langkah konkret yang telah diambil pemerintah adalah peluncuran bursa berjangka komoditas CPO pada bulan Oktober lalu, dan saya berharap hal ini dapat menjadi acuan harga crude palm oil," tambah Mendag Zulhas.

"Tujuannya adalah agar kita dapat bersaing secara efektif, dengan transparansi, akuntabilitas, dan informasi harga yang real-time. Ini adalah langkah sukarela, tetapi jika kita tidak melakukannya, kita hanya akan terus mengikuti bursa harga CPO di Malaysia atau Rotterdam," jelasnya.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) kembali menyelenggarakan Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) ke-19 dengan tema "Meningkatkan Ketahanan di Tengah Ketidakpastian Pasar" di Bali International Convention Center (BICC). IPOC 2023 berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 1 hingga 3 November 2023. (B1)