Follow : Like : RSS : Mobile :

Polda Metro Jaya Gelar Operasi Simpatik 2013

Foto | Istimewa | Detakjakarta.com

Jakarta-- Untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menggelar Operasi Simpatik Jaya 2013 selama 21 hari, yakni mulai 7-26 Mei 2013.

Kapolda Metro Jaya, Irjend Pol Putut Eko Bayuseno mengatakan, sasaran operasi adalah semua jenis kendaraan baik roda 4 maupun roda 2 yang melanggar aturan. Target lain dari operasi ini adalah mengembalikan fungsi trotoar serta menertibkan parkir di bahu jalan, jalur sepeda motor, jalur bus Transjakarta, trayek kendaraan umum, terminal, dan sopir angkutan umum.

"Operasi ini akan diawali dengan sosialisasi dan tindakan edukatif terkait peraturan lalu lintas. Lalu akan ada penyuluhan sehingga ketika dilakukan penegakan hukum secara tegas, masyarakat dapat memahami dan menerimanya", kata Kapolda saat memberikan pengarahan dalam upacara apel anggota Kesiapan Operasi Simpatik Jaya 2013, Senin (6/5).

Menurut Putut, Operasi Simpatik ini juga sebagai langkah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Sehingga operasi nanti akan menekankan pada kegiatan preemtif dan preventif.

"Karena itu, masyarakat hendaknya tidak menggoda oknum polisi dengan uang damai saat melakukan pelanggaran. Masalah ini harus dari kedua belah pihak, dari polisi kita sudah banyak menindak, tapi harus dari masyarakat juga jangan menyuap anggota kita. Minta tilang saja, tidak usah suap-suap", tegasnya.

Operasi Simpatik Jaya 2013 ini akan melibatkan 1.200 aparat gabungan, baik dari unsur Kepolisian, Dinas Perhubungan, serta aparat TNI. (BUD/PUR)