Follow : Like : RSS : Mobile :

Wisuda Ke-68, Rektor Unindra Tegaskan Target 2029 "Excellent Teaching University"

Foto | Istimewa | Detakjakarta.com

Rektor Universitas Indraprasta PGRI, Prof. Dr. H Sumaryoto kembali menegaskan target kampus pendidikan tinggi yang dipimpinnya hingga 2029 mendatang.

"Insyaallah sesuai dengan visi dan misi Unindra, tahun 2029, sepuluh tahun kedepan kita bisa menjadi excellent teaching university, yaitu perguruan tinggi yang unggul didalam pembelajaran", kata Sumaryoto dalam sambutannya saat Wisuda Ke-68 Unindra di Sasono Utomo TMII, Jakarta, Rabu (4/9). 

Untuk mencapai target tersebut Unindra terus melakukan penyempurnaan, baik kualitas sumber daya manusia terutama kualitas dosen, maupun infrastruktur sarana belajar mengajar.

"Berkenaan dengan ketentuan kualifikasi dosen, Unindra sudah untuk tahun kedua melaksanakan studi lanjut dosen, sudah mencapai 94 dosen yang menuntut study S3", ungkap Sumaryoto.

"Kami bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi yaitu Universitas Pakuan Bogor, Universitas Borobudur Jakarta, Institut Pertanian Bogor dan Institut Seni Indonesia Surakarta", ujarnya.

Sementara untuk peningkatan sarana prasarana, Unindra juga terus melakukan pengembangan pembangunan, "karena dalam rangka memenuhi program eccelent teaching university kita dituntut selain dosen juga sarana prasarana perkuliahan. Bukan saja sarana fisik namun juga sistem yang sudah berbasic komputer", jelasnya.

"Ada 2 init gedung yang akan kita bangun. Yaitu gedung unit 6A untuk ruang kuliah dan membangun suatu tempat untuk keperluan konverensi, seminar internasional. Alhamdulillah biulan Agustus lalu kita sudah melaksanakan konverensi internasional yang dihadiri 6 negara dan 238 peserta yang berasal dari luar negeri, termaauk peserta dari 6 PTN di Indonesia, dan peserta dari 18 provinsi yang hadir. Ini suatu prestasi cukup besar karena kita sudah bisa melaksanakan konverensi internasional. Oleh karena itu dengan membangun gedung 6 unit A, salah satunya nanti kita bisa menyelenggarakan di tempat sendiri", papar Sumaryoto.

Kepada 1.172 wisuda yang dengan khidmat mengikuti prosesi Wisuda ke-68 Unindra ini Sumaryoto tak lupa berpesan untuk selalu menjaga nama baik almamater dan mensyukuri segala nikmat yang diterima.

"Sebagai lulusan tentunya punya kewajiban moral untuk menjaga nama baik almamater. Naik turun reputasi perguruan tinggi sangat bisa dipengaruhi oleh lulusannya. Saya berpeaan satu hal, selalu bersyukur. Tidak boleh ada kata pesimis", tandasnya.

Sekertaris LL Dikti Wilayah III, Dr. M. Samsuri yang juga hadir dalam Wisuda Ke-68 Unindra ini juga berpesan kepada para wisudawan, "tantangan masa depan sangat berat. Oleh karena itu saya sampaikan 5 hal yang supaya Anda semua tetap menjadi orang yang sukses dan semakin sukses. Pertama, milikilah mental menjadi bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah. Pandailah mencari peluang untuk menyeleaaikan masalah. Karena itu, Kedua, teruslah belajar, baik formal maupun nonformal. Jangan cepat puas dengan apa yang sudah dicapai hari ini. Selalulah jadi pendengar yang baik Orang yang terus menerus belajar, dialah pemilik masa depan", ujarnya.

Ketiga, lanjut Samsuri, jadilah orang yang amanah. Yang bisa diberi kepercayaan, dan bertanggung jawab. Keempat, milikilah mental dan prinsip senantiasa senang membantu, mempermudah urusan seaama, orang lain. "Dan Kelima, milikilah mental rendah hati. Koreksi diri senantiasa", paparnya.  

Wakil YPLP PGRI Psat Dr. Muhir Subagya menambahkan, sebagai calon pemimpin dimasa depan, para wisudawan harus memiliki karakter pribadi yang baik, mampu mengenal anak buah yang dipimpinnya, mengenal tugas dan fingsi organisasi yang dipimpin, serta mengenal dan menguasai lingkungan yang dipimpin. 

"Anda harus berani membuat keputusan yang menguntungkan generasi yang akan datang", pungkasnya.    (Pur)