Follow : Like : RSS : Mobile :

Enam Ribu Labih Mahasiswa Unindra Akan Wisuda Tahun 2017

Foto | Istimewa | Detakjakarta.com

detak- Sebanyak 6 ribu lebih mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) akan mengikuti prosesi kelulusan (wisuda) S-1 maupun S-2 pada Tahun Akademik 2016-2017 Semester Genap. Rektor Unindra Prof. Dr. H. Sumaryoto mengungkapkan, prosesi wisuda 6 ribuan sarjana maupun magister baru tersebut akan dilakukan dalam 5 kali periode wisuda.

"Wisuda ke 56 hari ini merupakan tahap pertama Tahun Akademik 2016-2017 Semester Genap. Insyaallah semester genap akan ada 5 periode wisuda. Karena jumlah yang akan diwisuda lebih dari enam ribu orang lulusan. Hari ini ada 1.358 wisudawan yang terdiri atas 1.196 S1 dan 160 S2", kata Sumaryoto dalam sambutannya saat Wisuda ke-56 Unindra Tahun Akademik 2016-2017 di TMII, Jakarta, Selasa (12/9).

Sumaryoto menuturkan, kampus yang baru saja melaksanakan hari jadi ke-14 pada 6 September 2017 lalu ini, kini memiliki mahasiswa aktif sebanyak 35.746 mahasiswa. "Awalnya hanya 3.917 mahasiswa, sekarang sudah 35.746 mahasiswa, ini harus kita syukuri bersama, ini bukti kepercayaan masyarakat kepada kampus kita. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan pelayanan, maka yang paling pertama kita lakukan adalah bagaimana kita tingkatkan kualitas. Dengan jumlah mahasiswa tersebut, kami akan jadikan titik tolak dalam pengembangan dan pembinaan kampus", ujarnya.

"Berkaitan dengan kualitas, ini menjadi target. Karena sekarang ini Unindra baru mencapai derajat Teaching University (perguruan tinggi yang mengedepankan proses pembelajaran). Setelah itu mulai tahun 2029, kita harap mencapai reseach university. Ini memang obsesi setiap perguruan tinggi untuk menjadi universitas research", sambung Sumaryoto.

Salah satu upaya lain dalam peningkatan, pengembangan dan pembinaan kampus, lanjut Sumaryoto, yakni akan diajukannya akreditasi institusi Unindra pada bulan Oktober 2017 mendatang. "Bulan Oktober 2017 mendatang kita juga akan mengajukan usulan akreditasi Perguruan Tinggi kita. Walaupun seluruh program study sudah terakreditasi, namun ketentuan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi, maka setiap institusi Perguruan Tinggi juga harus terakreditasi. Ini sudah kita persiapkan. Ada 7 standar yang harus dipenuhi. Terakhir kita penuhi tentang sarana / prasarana, dimana pada Februari 2017 lalu, sudah diresmikan gedung unit 7. Sekarang yang sedang kami proses persiapan lahan untuk membangun gedung berikutnya, unit 8. Ini suatu bukti bahwa Unindra tidak berhenti dalam membangun, baik secara fisik maupun non fisik", paparnya.

Kepada para wisudawan Sumaryoto berpesan, untuk terus mengembangkan ilmu yang dimilikinya, serta meaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat. "Pesan saya, saudara-saudara sudah dibekali ilmu yang lengkap, khususnya yang S1. Terutama dalam pembelajaran kewirausahaan. Karena itu, siap terjun di masyarakat, tidak hanya menjadi pegawai, tetapi dengan menciptakan lapangan pekerjaan melalui kewirausahaan. Menjadi wirausahawan tidak harus sendiri, itu salah, tetapi bisa dengan beberapa teman membentuk suatu unit usaha", tandasnya.

"Kami juga berterima kasih kepada orang tua / wali mahasiswa yang sudah mempercayakan kepada kami untuk menjadi peserta didik di Perguruan Tinggi kami", pungkas Sumaryoto. (PUR)