Follow : Like : RSS : Mobile :

Kemristekdikti Siap Gelar Innovation Business Gathering 2015

Foto | Istimewa | Detakjakarta.com

Detak-- Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti akan menyelenggarakan acara Innovation Business Gathering (IBG) 2015 pada 14-16 Desember 2015 di Auditorium BPPT, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta.

IBG 2015 menjadi upaya strategis untuk mendorong peningkatan inovasi industri dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan mendorong kemajuan inovasi industri nasional.

"Kita harus mengembangkan SDM dan inovasi teknologi yang diharapkan dapat mengembangkan perekonomian yang berdaya saing. Apalagi januari 2016 kita memasuki MEA, ini menjadi basis pasar dan produksi. Ada beberapa hal yang kita laksanakan, bagaimana kita mengembangkan infrastruktur di dalam mengembangkan perekonomian nasional. Dalam hal ini, kami telah mengidentifikasi berbagai produk inovasi, produk ini sangat potensial kita kembangkan unuk bisnis yang berbasis pada teknologi", kata Jumain Appe, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi saat jumpa pers di Kemenristekdikti, Jakarta, Selasa (8/12).

Sasaran yang ingin dicapai IBG 2015 yaitu mendukung kebijakan dan program pemerintah untuk mengembangkan produk-produk inovasi.

"Kita ada anggaran yang dibiayai negara, pertanggungjawaban bahwa kita bisa menjalankan bisnis berteknologi informasi, supaya bisnisi yang berbasis inovasi bisa berkembang di negara kita. Inovasi akan melahirkan produk barang jasa yang baru, murah dan berdaya saing", jelas Jumain.

Ia pun berharap, agar IBG 2015 dapat memberikan pengetahuan masyarakat seputar inovasi teknologikan keinginan masyarakat dan mengurangi ketergantungan terhadap produk teknologi yang berasal dari luar negeri.

"Bagaimana masyarakat dapat mengetahui bisnis yang berbasis teknologi, untuk mendorong supply industri di masa yang akan datang. Apa yang kita lakukan dalam rangka meningkatkan perekonomian, daya saing dengan kemampuan sendiri", pungkas Jumain Appe.

Jenis kegiatan di IBG 2015 antara lain peluncuran produk inovasi, penandatanganan MoU (nota kesepahaman) antara akademisi, bisnis, pemerintah serta pameran produk-produk inovasi. (RIE)